Minggu, 09 September 2012

RANCANGAN “MIMPI” PENGEMBANGAN MEDIA, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN

            Suatu saat Saya bermimpi bahwa jika nanti saya ditakdirkan untuk menjadi seorang panutan bagi murid-murid didik atau pun anak didik saya adalah menjadi guru yang dapat mengajar muridnya dengan sepenuh hati, menjadikan mereka untuk menjadi seorang intelek-intelek yang berkualitas.

Bahwa saya ingin sekali jika nanti menjadi pendidik yang menggunakan metode terkesan simple, tapi sangat mudah sekali untuk masuk, diserap, dan tentu saja mudah diingat oleh anak-anak didik saya,  yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran visual teaching berbasis pembelajaran Konstruktivisme. Visual teaching tersebut tidak lain menggunakan sarana Microsoft power point yang telah di modifikasi oleh siswa sendiri menjadi point-point yang selanjutnya point-point tersebuat akan dijabarkan oleh siswa sendiri melalui cara diskusi dan jika perlu juga bisa menggunakan cara eksperimen dalam rangka memperdalam pengetahuan siswa tentang mata pelajaran yang akan dipelajari.


            Dalam konteks belajar ini siswa akan diminta untuk melakukan diskusi yang mana dalam setiap BAB akan di bahas secara mendalam melalui suatu diskusi yang diselingi dengan pembuktian berupa eksperimen-eksperimen kecil, dimana dalam metode-metode tersebut akan dilakukan dalam kelompok yang terdiri dari 4-6 anak. Setiap kelompok diwajibkan memilih sendiri ataupun memilih secara acak materi-materi yang yang akan dibahas. Jika untuk lebih efisien, metode pengacakanlah yang biasanya akan dilakukan. Setelah itu para siswa di dalam kelompok itu akan berdiskusi secara insentif dengan teman-teman 1 kelompok sendiri, tentang teori-teori maupun masalah soal-soal cerita yang ada di dalam materi tersebut. Dengan pengalokasian waktu sekitar 1 - 1,5 jam jam untuk mereka berdiskusi. Di dalam satu kelompok tersebut harus diupayakan ketika berdiskusi diharapkan semua pribadi/individu harus ikut andil dalam keaktifan 1 kelompok tersebut, hal ini dimaksudkan supaya siswa nantinya akan terbiasa dalam berbicara mengenai materi-materi tersebut, dan tentunya agar menimbulkan rasa motivasi percaya diri dari dalam siswa itu sendiri. Setelah mereka selesai berdiskusi bersama, satu per satu kelompok akan diwajibkan untuk presentasi ke depan menggunakan Power Point mereka sendiri, jikalau bisa Power Point itu akan disertakan pembuktian teori-teori yang akan mendukung daripada jawaban mereka, bahkan mereka pun dapat menunjukkan jawaban dari permasalahan soal cerita di dalam kasus tersebut dengan cara bereksperimen kecil. Dan hal ini pun akan menjadi nilai lebih bagi siswa maupun kelompok tersebut. Dalam hal ini, saya menilai ke-kreatifan siswa dalam menyusun Power Point maupun ke-aktifan siswa dalam berdiskusi. Dan di akhir presentasi mereka akan diadakan sesi pertanyaan yang seperti umumnya pada presentasi yang lain. Lalu pada penutupan, saya sebagai guru akan merangkum, menambahkan, menyimpulkan dan mengevaluasi hasil pekerjaan setiap kelompok yang sudah presentasi ke depan kelas. Tidak lupa juga siswa sebelum presentasi itu berakhir atau bahkan pas berlangsungnya presentasi tersebut akan diwajibkan merangkum materi apa saja yang sudah di presentasikan ke depan oleh setiap kelompok yang mana hal ini akan di jadikan PR untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar